Wednesday, January 11, 2006

BH: 36C vs 38B, enak yang mana?

Biarpun saya perempuan, saya suka memperhatikan perempuan lain, terutama urusan payudara yang bentuknya macam² itu. Bukan apa², kalau saya perhatikan banyak perempuan yang menggunakan BH yang salah ukurannya.

Belum lagi mereka yang mempunyai payudara yang sudah melorot, yang sampai² pensil pun tidak akan jatuh bila terjepit dibawah payudaranya, tapi masih dengan nekatnya tidak menggunakan BH. Alhasil jatuhnya baju yang ia kenakan pun tidak cantik.

Yang menggunakan ukuran badan terlalu kecil jadi timbul lipatan lemak di atas dan di bawah BH atau tali BH anda posisinya tidak sejajar lagi antara yang dibagian depan dan di bagian belakang (naik). Yang menggunakan ukuran cup terlalu kecil jadi kesannya payudaranya mau tumpah. Ada juga yang menggunakan cup terlalu besar sehingga kelihatan kopong. Entah ya.. mungkin memang itu efek yang dicari, tapi menurut saya, dan ini tentunya subyektif, tidak bagus dilihat.

Nah, coba dilihat apakah kalian, yang wanita tentunya karena saya tidak tahu ukuran BH pria yang katanya sudah mulai ada di pasaran, sudah menggunakan ukuran yang sesuai? Kalau ternyata tidak sesuai, atau curiga salah ukuran, mari kita cari ukuran yang benar.

Untuk mengukurnya anda membutuhkan meteran yang ada ukuran inci-nya dan tentunya alat tulis beserta kertas untuk mencatatnya. Sebaiknya anda menggunakan BH yang paling nyaman dipakai.

1. Ukuran badan dan ukuran BH
Dulu saya suka tertawa mendengar teman² pria saya berkomentar tentang payudara mana yang besar. Mereka mengira ukuran BH adalah patokan besarnya payudara. Padahal ukuran BH yang kita kenal (32,34, 36, dll) sebenarnya adalah ukuran lingkar badan. Jadi boleh dibilang semakin besar kerangka badan (dan semakin banyak daging/lemaknya) maka semakin besar ukuran BHnya.

Cara mengukurnya adalah dengan melingkari badan anda persis dibawah payudara. Ingat, yang harus diukur adalah BADAN, bukan payudara! Nah, ukuran dalam inci yang telah didapat harus ditambah 5 untuk mendapat ukuran BH. Bila hasil akhirnya ganjil, maka harus dibulatkan ke bilangan genap karena semua BH ukurannya selalu genap. Jadi bila ukuran dadanya 28 inci, maka ukuran BH anda 34 karena tidak ada BH berukuran 33.

2. Ukuran payudara dan ukuran cup
Pengukuran terakhir yang harus dilakukan adalah mengukur payudara itu sendiri. Lingkari badan dengan meteran kira² posisinya sama dengan posisi puting. Ukuran yang didapat harus dikurangi dengan ukuran bh untuk mendapatkan ukuran cup. Kemudian dari selisih yang didapat bisa ditentukan ukuran cup yang sesuai.

Selisih: Cup
0 - 1/2 inci: AA
1/2 - 1 inci: A
1 - 2 1/2 inci: B
2 1/2 - 3 1/2 inci C
3 1/2 - 4 1/2 inci: D
4 1/2 - 6 inci: DD (E)
6 - 7 inci: DDD (F)


Bila ukuran payudara anda 35 inci, maka bila kita gunakan contoh diatas sebagai ukuran badan, ukuran cup anda B. Jadi ukuranBH yang sebaiknya dibeli adalah 34B. Tapi bila anda merasa ukuran 32 C lebih enak dipakai, tidak ada yang melarang anda memakainya.

Satu hal yang perlu diingat, ukuran diatas (34B) adalah ukuran BH Amerika, yang berbeda dengan ukuran BH Eropa (90C), Inggris (34C) atau Australia (12B). Untuk amannya, ingat saja ukuran internasional (75C) yang selalu ada di label.
UKURAN BH
USA : Internasional
32: 70
34: 75
36: 80
38: 85
40: 90


UKURAN CUP
USA : Internasional
AA: A
A: B
B: C
C: D
D: DD
DD: E


Yang juga perlu diingat, bila hari ini ukuran BH anda X, bukan berarti dalam 1 tahun mendatang ukuran yang sama masih berlaku. Perubahan berat badan, kehamilan & menyusui dapat merubah ukuran BH anda. Jadi coba melakukan pengukuran dari waktu ke waktu.

21 comments:

topan said...

o...ternyata salah to, persepsi kita tentang ukuran BH,thank

Fortuna said...

waahhh... kalo ngomongin ini agak2 maleess...
aset yang menempel ditubuh sudah menyusut... padahal sebelumnya juga emang udah terbatas... sekarang tambah2 susut...
ukurannya apa? nggak tau deh... 32A (minus)... hiks! sedih ya?

Anonymous said...

1| saya dulu termasuk golongan pria yang nona tertawakan.

2| seperti umumnya pria indonesia, saya nyingkir kalau istri lagi memilih underwear di toko, karena isinya perempuan semua! anehnya, di konter pakaian dalam pria, wanita bisa santai mendampingi pasangannya.

3 | saya pernah malu karena kedua anak saya menertawakan beberapa model lingerie yang sedang ditaksir dua ibu. "lihat, lucu ya, ada bulu2nya!" kata si kecil kepada si kakak. lalu mereka mengomentari setiap desain yang "lucu". kedua ibu menampakkan wajah jengah. waktu itu tugas saya momong mereka sementara ibunya memilih underwear.

triesti said...

topan: kembali kasih, semoga berguna:)
fortuna: iya kemaren gue turun 5 kilo, aset pun berkurang.. tapi kalo ukuran badannya ganti.. kesannya sih masih ada aset;) jadi proyek gue sekarang: menambah aset :D
mase:
1. sejak kapan anda memperoleh pencerahan?
2. disini makin banyak laki² yg belanja lingerie
3. saya dulu suka rusuh kayak anak anda;) sekarang sih lain lagi ceritanya. bila sampai waktu mereka...

Anonymous said...

34B is the best, totaly ergonomic, sangat sesuai dengan kontur tangan pria melanesoid setinggi 170cm.

Hedi said...

Thanks infonya. Kalau kamu ukuran berapa? uppps saru..jangan dijawab hehehe

Anonymous said...

Wiuhh seru.. bagiku ukuran BH tak menjadi problem yg penting isinya! :)

triesti said...

Rama: Nah ya. udah berapa banyak percobaannya sampe bisa bilang 34B yg pas?

alakadar: hmm... buat gue sih normal, tapi kan tergantung yg liat... itu kan relatif sekali.

rian: kalo isinya silicon gimana? better yet.. kalo kaos kaki?

ifa: gimana taunya cukup???

Anonymous said...

aduh, ternyata urusan ginian aja bisa njlimet, ya.... Pantesan selama ini gak ada yg pas.... :p

Anonymous said...

Walaupn saya laki-laki, tapi aku sudah tahu 'metode pengukuran' begini sejak masih SMA. huehue..

Yang aku baru tau, ternyata banyak wanita yang belum tahu yah.

wolak-waliking jaman

Anonymous said...

wooo ada sistem pembulatan tooo ... padahal wes rada bulat ... klo temen bilang digenapkan .. karena jumlahnya genap (2)

:)

Anonymous said...

makasih mbak udah menjelaskan kepada dunia. akhirnya orang-orang bisa mengerti betapa susahnya pekerjaan saya yang menjahit beha tempahan...

yang Xena punya saya yang buat loh! hehfhefhe. metkenal, kayanya bakal sering2 kesini...superkewl!

sisTa said...

salam kenal mba..

waktu sekolah aku ga pernah susah nyari bra, tp pas mulai kuliah sampe sekarang klo beli bra, aku harus ikut. krn klo dibliin selalu kekecilan. maklumlah aset ini sulit dikendalikan pertumbuhannya hihihi...
terkadang aku hrs cari ditempat yg jual bra import jg. ada advice ga ya belinya dimana? dgn harga terjangkau pastinya..

yg punya said...

coba cari di outlet merk luar. waktu itu di outlet sorella Pasfes ada ukuran agak besar.. tapi ya ngga sebanyak pilihan di NL untuk ukuran besar. Atau tunggu musim sale (juli/januari gitu). Tapi memang kalau ukuran besar biasanya lebih mahal dan tidak secantik yg kecil2.

Anonymous said...

Kalau ukuran australia yg 12D itu sama kaya ukuran yg USA yg mana?makaSih

riPper said...

wahhh???
jdi ngiler klo cewe bicara soal gunung????

Dyas Cantik said...

Wah jadi pingin punya payudara besar -gege-

ukuran bh said...

ukuran bh orang ini berapa? tebak http://newsgadgetsnews.com/costume-for-fashion-police.html

Moray said...
This comment has been removed by the author.
Moray said...

Saya melihat blog Anda secara teratur. Blog Anda sangat berguna bagi kami.
jual bra bra wanita terlengkap, bra wanita tanpa kabel, bra tanpa kabel, bra olahraga, bra dengan kencang, bra untuk wanita, bra tanpa kawat
Jika Anda berteriak "jual bra", Anda datang jual bra penjualan esai paling elit...klik disini

Anonymous said...

I am sory..(Mr.A Green and Rosie Life)
Thank you for your attention ...
I am submitting a paper and I am asked to suggest peer-reviewers

Marketplace Indonesian
Bra BH Sorex wanita 17239
Bra BH SOREX 17238
BRA BH 02004 Murah Berkualitas
Jual Bra BH Sorex 9853 Produk Berkualitas Wanita Terkini

Bh 65003 Tanpa kawat Sport Bra sorex kancing dua casual comfort

BH sorex 3262 | Bra sorex busa dan KAWAT | BH sorex kawat