Saturday, March 25, 2006

Perangko Lenticular

Yang anda lihat disebelah adalah animasi dari salah satu perangko lenticular yang baru kemarin saya beli dengan harga hampir 10 kali harga aslinya! Seperti kebanyakan anak², saya dulu rajin mengumpulkan perangko. Kini, hanya bila saya melihat perangko yang menarik saja saya simpan, entah itu sampul hari pertama, entah perangko mint yang belum dipakai, atau perangko bekas.

Februari lalu saya mendengar bahwa TPG Post Belanda mengeluarkan dua perangko khusus dalam rangka olimpiade musim dingin. Keduanya menampilkan pahlawan speed skating Belanda Yvonne van Gennip juara Olimpiade Calgary 1988 seperti yang anda lihat di atas, serta Ard Schenk, juara Olimpiade Sapporo 1972. Ternyata peminat perangko ala video ini amat banyak. Menurut orang di kantor pos yang saya tanya, perangko ini habis dalam setengah jam! Jadi jangan heran kalau di toko filateli harganya jadi amat tinggi padahal umurnya baru 1 bulan.

Konon, perangko yang dibuat dengan tehnologi Lenticular ini merupakan yang pertama di Eropa. Selandia Baru, negara tempat tehnologi ini berasal, telah menerbitkan perangko jenis ini dua tahun yang lalu, kira² bersamaan dengan terbitnya koin lenticular di Belanda. Seperti anda lihat sendiri, perangko ini memuat 2 detik video yg dikemas dalam 24 frames. Designnya dikerjakan oleh Solar Initiative dan bekerja sama dengan partner dari Australia juga.

Satu hal yang saya tidak habis pikir, TPG Post menjual perangko ini seharga 39 Euro sen padahal ongkos pembuatannya jauh diatas harga jual sehingga mereka hanya bisa mencetak dalam jumlah terbatas. Seandainya mereka menjual per perangko seharga 78 Euro sen pun, saya yakin masih laku dan bisa dicetak lebih banyak lagi.

6 comments:

Anonymous said...

somehow.. it reminds me harry potter :D

triesti said...

I know.. I was wondering how long do we have to wait for lenticular newspaper :)

triesti said...

Tjandra,

kenalan saya yg kolektor serius sudah tiada semua, coba aja hubungi kumpulan filateli di Ind.

kalau dikasih sih.. sapa takut :)

T

Anonymous said...

Atasan saya sedang mencari perangko kuno dari dalam dan luar negeri, beliau butuh perangko dari tahun 1840 - 1880 dan juga uang kertas dan uang logam kuno dari seluruh dunia, dan kalau ada yang berminat menawarkan perangkonya silahkan menghubungi 08121893084 dengan Mr. Kang.

Anonymous said...

Saya mau jual perangko taun 1935-1980 lebih...
Semuanya asli cap POS nya jg ad kok..
Yang blm jg ad...
Dari dalam negeri atau luar negeri jg ad...


Ad gambar Ir.Soekarno,Soeharto,Binatang,Presiden Luar Negeri,DLL.

Jual NEGO smuanya!!!!!!!!!!!

Saya butuh CEPAT neh...
Udah bosen ngoleksi soalnya...


Yang benar2 berminat beli
Bisa hubungi saya di: 081910097091
Atau nmr kk sy di : 085221698034


CEPAT YAH!!!!

Anonymous said...

JUAL CEPAT PERANGKO JADUL TAUN 1935-1980an LEBIH!
PASTI BNYK YANG BERMINAT DAN SUKA!
SAYA YAKIN!!

HUBUNGI SAYA DI : 081910097091
ATAU KK SY DI : 085221698034