Wednesday, July 06, 2005

Cheburashka

Cheburashka
Saya mengenal karakter imut ini baru beberapa minggu. Awalnya ketika sedang ngobrol tentang dunia animasi. Boleh dibilang Cheburashka ini dikenal oleh seluruh warga (ex) Uni Sovyet dan bisa jadi juga oleh sebagian warga blok Timur.

Hasil karya Eduard Uspensky tahun 1977 ini digambarkan sebagai binatang Tropis yang tidak jelas gender maupun speciesnya. Namanya berasalkan dari istilah colloqial Rusia Cheburahnulsya (= tumbled). Bagaimana ngga mau terjungkir-jungkir, liat saja kupingnya yg ngga mau kalah dengan kuping Dumbo! Saya saja masih bingung koq bisa berdiri ya.

Si imut ini dalam ceritanya yg di produksi oleh Soyuzmultfilm berkelana bersama buaya bernama Gena yang bisa bermain akordeon, mereka berdua memiliki musuh seorang ibu² penyihir bernama Shapoklyak sesuai dengan topi yang selalu dipakainya.

Rupanya, setelah jatuhnya Uni Sovyet, ketenaran Cheburashka ini juga sampai ke Jepang. Hanya bedanya, di Jepang penggemarnya biasanya gadis² sampai perempuan berusia sekitar 25 tahun, bukan anak² seperti di Uni Sovyet dulu. Tahun 2004 lalu, Kontingen Rusia menggunakan Cheburashka sebagai maskot mereka di Olympiade Yunani.

update April 26, 2009: video dalam bahasa Jepang

No comments: