Tuesday, April 12, 2005

50 tahun vaksin Polio

Hari ini, 50 tahun yang lalu, Dr Jonas Salk berhasil mengembangkan vaksin polio. Vaksin Polio yg dikembangkan oleh Salk berupa injeksi virus polio yang sudah mati yang kini merupakan vaksin yang paling banyak diberikan di Amerika Serikat. Selain itu masih ada oral vaksin polio buah karya Dr Sabin tahun 1963 yang berisi virus yang telah lemah.

Tanpa temuan mereka, mungkin masih amat sangat banyak korban penyakit polio di dunia. Korbannya adalah anak² yang harus berdiri dengan penyangga besi, mereka yang tersegal² saat menghirup napas, bahkan bukan tidak mungkin meninggal. 1 dari 200 kasus polio berakhir dengan kelumpuhan yang tidak dapat sembuh, kebanyakan mengenai kaki penderita.

Polio sendiri tidak pandang bulu dan tidak hanya menyerang anak². Mungkin Franklin D. Roosevelt merupakan salah satu korban dewasanya yang paling terkenal. Ia terkena polio ketika berusia 39 tahun dan kemudian menghabiskan hidupnya diatas kursi roda.

Sayangnya, biarpun vaksin polio sudah ada selama 50 tahun, sampai saat ini masih banyak terjangkit wabah polio di dunia, misalnya di Mesir, India, Nigeria dan yang terakhir di Mekah saat musim haji tahun 2004.

Sudah lengkapkah vaksinasimu?


update 2 Mei 2005:
Hari ini dikonfirmasikan adanya kasus anak perempuan terkena POLIO di Sukabumi, Jawa Barat, dan masih ada beberapa kasus yang dicurigai sebagai kasus polio tapi masih dalam penyelidikan.

4 comments:

mpokb said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mpokb said...

duh, ngomongin polio kok yang kepikir malah cacar.. syukurlah dunia sudah bebas cacar.. :)

Pojok Hablay said...

kwakk, gak inget loh, vaksin apa aja yang mustinya diambil. pasrah aja ama ortu

Anonymous said...

hahah.. pasrah... so funny... 1 thing i remember tho.. a few months ago, apparently my tetanus vaccine was already due since longgg time ago hahaha... then my doctor just said 'u have to take the shot NOW!'... oh freak! i hate needles :D