Wednesday, June 22, 2005

'Secara'

Saya bingung, sebetulnya menggunakan kata 'secara' itu bagaimana sih? Saya tau, saya selalu bermasalah dengan penggunaan bahasa (apapun bahasa itu), walaupun saya suka belajar bahasa baru. Jadi, tulisan ini bukan bermaksud sok tau, tapi saya benar-benar bingung. Seingat saya dulu jaman masih belajar Bahasa Indonesia, kata 'secara' kalau dalam Bahasa Inggris diartikan 'according to' atau 'in this way', jadi menurut saya dalam Bahasa Indonesia artinya sama dengan 'dengan cara'.

Tapi, sekarang saya temui dibanyak blog penggunaan yang amat berbeda. Terus terang saya bertanya-tanya sendiri, apa itu arti baru, atau bentuk trend/slang anno 2005, atau pemakainya tidak tau cara menggunakan kata itu?

Contoh kalimat yang membuat saya bingung:
1. ...suasana perkenalan antar kedua keluarga pun berlangsung dengan meriah walaupun pada saat itu hujan turun lebaaaaaat sekali (secara malam itu ternyata udah ada bibit2 tsunami kali yah...)
disini saya rasa kata 'secara' dipakai menggantikan 'mungkin' atau 'bisa jadi' (?)

2. ...tapi insiden ini gak banyak yang tahu, secara Bimo sebagai suami siaga segera menangkap topinya dan menempatkannya kembali di kepala istrinya
sementara disini kata 'secara' dipakai menggantikan 'karena' (?)

3. ...mau ganti juga malesssssssssssssssss deh, secara jaket itulah yang paling ampuh menahan udara dingin, angin dan hujan.
disini posisi 'secara' menggantikan 'karena'

Jadi sebetulnya menggunakan kata 'secara' itu bagaimana sih?

5 comments:

Anonymous said...

secara gue juga bingung ...jadi mending gak usah sering digunain aja deh .... Mungkin sama kalimat seperti ;" Masukkan benang ini kedalam lubang secara pelan pelan..", atau " ...Hadapi aku secara kesatria ..!" ..atau; " Katakan keputusan ini secara baik-baik kepadanya ..." hmmm asik jug akalo diulik hehehe

triesti said...

nah, contoh 3 kalimat lo tuh yg gue ngerti, Yud. Yg gue kasih contoh itu yg bikin gue bingung.

kan mungkin aja ada pergeseran pemakaian atau arti. Kayak penggunaan 'wanita' vs 'perempuan'. But that's another story.

wahyudi pratama said...

Ti, contoh yang dari elo kayaknya mending gak usah dipake deh ..'secara' sebagai kalimat penghubung ... gak di pake 'secara ' juga orang udah langsung ngerti kok ..ehehehe iya kali yak

Pojok Hablay said...

hahahaha, tau sendiri gaya orang2 disini kalo lagi demam suatu kata, jangan dipikirin maknanya, pake aja gitu loh (sama aja gitu loh juga terlalu berlebihan kan), secara orang bakal pada ngerti apa yang elu maksud kok. alias, si "secara" itu emang tanpa makna! yang jelas bukan pergeseran, hanya sebuah demam baru di kota2 gede di bandung, jakarta sini. pertama sih risih, lama2 ya sutralaweeee

David Hotary P said...

kayanya dari tiga contoh yang elu tulis, semuanya ngga pas ya?

Gw pikir secara itu memang arti sebenar-benarnya adalah "dengan cara" .... dan contoh2 yang Yudi tulis geue pikir bener juga.