Tuesday, August 16, 2005

Pria Belanda Tidak Bisa Flirting!

Xander de Buisonje & Mark van der Loo

Belum lama ini diadakan survey via internet oleh perusahaan deodoran AXE mengenai bagaimana pria Belanda mendekati wanita. Dari 120 ribu responden, 60% diantaranya menggunakan taktik ala womanizer yang ngga ada matinya. Baru setelah menginjak usia 30 tahun mereka memulai pendekatan dengan obrolan yang menarik.

Boleh dibilang hasil survey ini sesuai dengan pengamatan Sophie Perrier, wartawan koran Prancis LibĂ©ration, dalam bukunya 'De mannen van Nederland' yang terbit empat tahun lalu. Menurut pengamatannya dan 36 narasumbernya yg terdiri dari 35 wanita asing dan 1 homo Spanyol, ada dua metode mendekati wanita yang dipakai oleh pria Belanda. Cara pertama, lambat. Mereka menggunakan networknya untuk mengenal wanita, kemudian secara hati² mencari tahu apakah wanita itu tertarik padanya. Baru setelah berlama-lama, mungkin ia akan mengajak wanita tersebut nge-date!

Cara yang cepat: Tempat kamu atau tempatku?

Menurut buku ini, pria Belanda penampilannya menarik, mereka tinggi, biasanya tidak terlalu kurus (karena kemana-mana naik sepeda kali), dan kebanyakan pirang. Selain itu mereka bisa dipercaya, reasonable dan biasanya mau turut serta mengurus rumah tangga. Tapi jangan mengharapkan passion maupun romantisme, mereka tidak punya itu. Kalau pergi date-pun siap² saja going dutch alias bayar sendiri-sendiri.

Bila tertarik dengan pria Belanda, maka bersiaplah aktif mendekati mereka. Bisa jadi ini akibat emansipasi di Kikkerland ini, pria amat menghargai wanita. Jadi jangan harap ada orang yang flirting dengan perempuan yang lewat. Kalaupun ini terjadi, dalam pengalaman saya pelakunya hampir pasti orang asing.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat gondok ketika sedang jalan sendiri di downtown, tau² ada orang yang seakan² memanggil² tapi tak jelas. Ketika saya liat, ternyata pria² Indonesia yang saya tidak kenal sedang kongkow. Idih, kayak tukang bangunan di Jawa! Masalahnya saya sudah biasa bertahun-tahun jalan sendiri tanpa ada yg siul², atau manggil² tidak jelas seperti yang sering terjadi di tanah air. Orang sini paling banter melirik di jalan, kalau sampai bilang "hai" itu sudah kemajuan banget dan ini pun biasanya dilakukan oleh mereka yang cenderung bekerja secara fisik. Jujur saja, awal tinggal disini rasanya aneh juga, sudah dandan cantik² rasanya ngga ada yang liat. Kalau di Amerika modal lipstick aja bisa ada orang flirting di jalan.

Kebiasaan ini rupanya juga membuat pria asing kadang serba salah. Bisa jadi saat memberikan pujian terhadap perempuan Belanda, pria itu dimaki sebagai sok macho. Pernah teman pria (bukan Belanda) saya berkomentar setelah uluran tangannya saya sambut ketika saya harus turun dari kereta, "Tumben tau". Sebetulnya hal itu adalah tindakan gentleman biasa untuk membantu menjaga keseimbangan, tapi rupanya menurut pengalamannya dengan perempuan Belanda, mereka seringkali menepisnya. Wanita Belanda terlalu emansipasi ujarnya.

Ada buku lain yang juga membahas tentang pria Belanda yang ditulis oleh Meghan dan Erin yang orang Amerika, judulnya 'How to Find a Man in Europe and Leave Him There'. Menurut mereka pria Belanda itu membosankan, tidak romantis, tidak tau passion dan tidak tau bagaimana memberi kado walau mereka itu berpendidikan tinggi, open-minded dan baik. Jadi lebih baik dijadikan sahabat daripada pacar.

Sekarang pilihannya ditangan anda, mau pacaran atau mau berteman dengan pria Belanda?

11 comments:

Anonymous said...

Ohhhh Bule Belanda itu begitu toh... :)

Anonymous said...

org belanda kudu belajar ama yg orang Inggris rupanya

Anonymous said...

hehe.. setuju mbak, orang belanda itu paling gak romantis prianya. Mereka suka melucu dan enak dijadikan teman, tapi lebih jauh dari itu, suka malah "drama" yang kita dapet. Kesannya mereka itu tidak serius dalam berhubungan.

Salam kenal.

A Girl named Sri Wahyuni said...

ya indeed. orang belanda tidak romantis, tidak punya passion, tidak peka, tidak bagus dalam mmilih kado, tidak spontanius

Anonymous said...

Ga semua. Buktinya calon suami saya romantis orangnya. Belanda selatan.

Allaboutlife said...

Saya lagi deket gitu sama cowo belanda, pantesan ya terkadang kalo cewe indo kan kalo ga dihubungin duluan males buat chat haha
Ternyata gitu pengennya kita yg duluan ya
Tapi tahun depan dia mau ke Indo hehe

VES said...

Wah saya ketemu artikel ini. Berharap dapat masukan. Saya berkenalan dg pria belanda bulan 8 bulan yang lalu di tandem (aplikasi buat belajar bahasa), saya berniat memperlancar bahasa ingg saya dan belajar bahasa belanda dan tmn saya berniat belajar bahasa indonesia. Obrolan kami sekarang lebih ke kegiatan sehari - hari. Dia hampir selalu menginformasikan kegiatan dia sehari - hari, bahkan anjing dia mati pun dia menginfokan keadaan dia yg sedih kehilangan teman kecil nya. Atau petir besar di belanda yg membuat dia terbangun dia jelaskan..

Dan jujur selama delapan bulan ini kami hanya komunikasi via text tdk prnh video call atau pun telp. Saya merasa awal perkenalan kami yang kaku sekarang lebih mencair, dia bahkan sering bercanda. Tapi saya terbawa perasaan krn bule yang selama ini saya ajak ngobrol hany dia bule yang pikirannya gk sex dan obrolan kami itu dari segala penjuru topik (makanan, travelling dan technology krn kebetulan kami kerja di bidang IT).
Pertanyaan saya, ada yang bisa membantu saya apakah pria belanda ini punya ketertarikan terhadap saya? Dan apa yang harus saya lakukan utk mengetahui hal itu. Banyak tmn saya bilang jika saya harus bertanya langsung tpi saya bukan typikal org yg seberani itu.. Terimakasih masukannya

Unknown said...

iah aku juga sama banget begitu

Maria Rachel said...

Gak semua gitu, soalnya saya pernah waktu ke Belanda terus ada pria Belanda yang suka sama saya, keliatan banget abis nya dari tingkah laku nya kalau sedang jatuh cinta, dia romantis kok. Malah saya kaget dia ucapin 1 kata bahasa Indonesia "cintaku". Saya kaget la tau dari mana dia. Malah saya kaget dia megang rambut saya. Jadi di mata saya pria Belanda lebih terkesan to the Point sih gak lama kaya pria Indo. Kalau di Indo rata rata lama banget ungkapan isi hati dan PDKT nya. Kalau disana cepet jadi kita tau dia jatuh cinta apa cuma main main doang

Amiex said...

Yaa emang bener ..ak deket ama Dutch man udh Dr bulan oktober ..kadang romantis banget kadang super cuek..seminggu bisa dia gak hubungin sy ..tp Dr pengalaman crta tman2 sy yg udh punya relationship ama bule ..umum nya cwok bule gak suka terlalu di push

VES said...

Gmn skg kelanjutannya mbak @widya yolanda?