Monday, December 13, 2004

Hal aneh bernama 'Antri'

Satu hal yang paling ngeselin buatku di Indonesia, dan ngga bikin kangen, adalah tidak adanya budaya antri. Terserah kalau yang lain beranggapan bahwa orang Indonesia itu ramah, sopan, berbudaya dan sebagainya, menurutku kalau ngga bisa melakukan hal se-simple antri, mereka itu tidak berbudaya, tidak punya sopan santun.

Bayangin aja dari mulai yang tidak terpelajar sampai yang terpelajar baik itu dijalan maupun ditempat umum lainnya kebanyakan seenaknya aja. Masih inget cerita wakil presiden Hamzah Haz yang seenaknya aja memakai jalan Busway? Itu contoh ngga adanya sopan santun. Orang nomer 2-nya ngga bisa memberi contoh yang baik! Susah banget sih untuk berada dalam satu 'line'?

Pernah nih aku sedang antri di kassa supermarket kecil dekat rumah, tau² out of the blue nyelonong mbak² PRT didepanku. Pinter banget deh. Memang belanjaanku banyak, dan dia cuma satu. Tapi kan sopannya dia bilang dulu, permisi untuk duluan karena belanjaannya sedikit. Kalau kayak gitu pasti aku kasih duluan dengan ikhlas. Aku ngomel deh.

Di lain kesempatan, aku dapat jatah bayar ke kasir di tempat makan Kelapa Gading, dan berusaha antri dengan sabarnya ketika sudah bolak balik disela orang. Awalnya sih aku masih anteng², kayaknya mereka juga duluan sampai di gerombolan depan kassa. *Heran, kenapa sih musti bergerombol? Queueing up is easier* Sampai suatu saat, saya sudah persis di depan kassa dan ada seorang ibu yang tampaknya dari kalangan 'the have' (dan notabene berjilbab) dengan manisnya nyela! Asyiknya lagi, mbak² kasirnya menerima saja kelakukan ibu itu. Rupanya dia silau kalinya dengan si Ibu, atau merasa minder? Asli aku ngomel panjang pendek (dalam beberapa bahasa) ketika temanku mendekati karena aku koq lama banget cuma bayar makanan saja. Dan si ibu? Melengos saja sepertinya apa yang dia lakukan tuh normal, dan aku yang abnormal. *come to think of it, I am abnormal, and d**n proud of it*

Dari kedua peristiwa itu, aku masih bisa menerima kalau mereka yang secara sosio-ekonomi rendah bertindak demikian, they probably don't know better. Tapi, kalau yang boleh dibilang pernah makan sekolahan, tekun beragama (after all, you wore a hijab) ngga bisa antri tuh kelewatan banget, padahal kita diajarin baris sejak tk, di agama apapun juga ada 'antri'.. paling tidak menunggu giliran.

Herannya, sering banget aku dengar orang Indonesia yang di Indonesia berujar, "Di luar negeri sih enak, orang rapi antri, kalau di sini mana bisa". Hal ini biasanya diikuti cerita bagaimana ia 'bisa' ngantri saat di luar negeri, bahkan ada yang sampai berjam-jam antri. Aku nulis kata bisa di kalimat barusan dengan tanda kutip, soalnya ternyata orang Indonesia bisa antri! Tapi kayaknya kemampuan ini cuma tampak saat di luar negeri. Menarik ya?

Buat aku rada aneh juga, kenapa kalau di luar negeri bisa antri begitu sampai di Cengkareng kemampuan itu seperti hilang ditelan bumi. Padahal jumlah orang Indonesia yang pernah pergi ke luar negeri, baik itu untuk bisnis, sekolah, liburan maupun urusan keagamaan cukup banyak. Kalau mereka tetap 'memelihara' kemampuannya untuk antri, masa sih yang lain tidak ikutan antri? Katanya untuk merubah orang susah, to change the man in the mirror is easier, atau pepatah 'when in Rome, do as the Romans do' berlaku? Kalau seperti yang terakhir, kapan di Indonesia bisa antri dong???

4 comments:

Anonymous said...

hmm kalo masalah ini sih bukan masalah education .. tapi masalah dasar manusia Indonesia yang kurang perhatian .. akhirnya mereka selalu minta perhatian dengan melakukan hal2 yang ngga normal.. supaya di tegur, diomelin tapi dgn harapan jangan dihukum... nah kalo mereka2 itu udah diperhatiin ... mereka akan bangga dan akan melakukan hal yg sama lagi...

Kita memang dididik untuk jadi juara... untuk jadi yang pertama... dstnya... :p

triesti said...

Oo.. jadi kesimpulannya orang Indonesia butuh perhatian ye:P Ngga ngantri biar di'sapa' *manggut²* interesting...never thought about it that way

Anonymous said...

uhm sebenernya orang indo itu bisa lagi antri. baek di indo ato dluar..
TAPI.. teuteup aja ada sbagian yg mungkin karna less educated jadinya maen slonong boy aja.Mo nyalahin yg beginian? ups.. tar dulu..mungkin dia emang salah.. tapi..mungkin juga dia gag tau apa itu antri atau norma2 dbalik antri itu sndiri karna ya itu tadi..ketidaktahuan.. kalo yang kaya gini baiknya sih dkasih tau aja,"mas mas.. antri mas, sama kok smua juga punya kpentingan.."
dengan ngingetin kaya gitu.. kita jadi ga dsela orang dan jg kita uda ngbantu mas2 ini buat taw kalo antri itu perlu.kalo mas2 ini jd ga nyela2 lagi kan lumayan kita ikutan dpt pahala..

triesti said...

Seperti saya bilang sebelumnya, kalau dari 'kalangan bawah' or yg less educated, saya masih bisa maklum. Tetap saya omelin, tapi masih bisa nerima deh sayanya.

Yang ngeselin tuh kalau educated, and/or the have. Saya ngga bisa terima, dan mereka ngga bisa dibilang 'tidak tahu'; lebih tepat dibilang 'tidak perduli'.