Friday, December 03, 2004

Seragam atau tanpa seragam

Beberapa hari lalu, Sarah telefon curhat tentang anak perkumpulan pelajar RVSV yg dulu juga saya ikuti. Salah satu bahan omongan kita adalah kesukaan anak sini pakai baju seragam. Punya Jaarclub? Bikin seragam. Jaarclub mau jalan²? Bikin seragam. Dan biasanya mereka antusias banget, sementara kita² yang melayu udah kayak anak bawang cuma ngikut aja. Abis, mereka kan sepanjang sekolah sampai kuliah ngga ada seragam, jadi sampai punya seragam tuh gaya. Nah kalau kita kan dari TK sampai SMU, bahkan udah kuliah juga ada seragamnya. Lihat aja UI yang terkenal dengan yellow jacket-nya sampai ditiru sama uiversitas atau sekolah tinggi mana gitu.. kuningnya beda sih.

Kadang kalau liat anak² di kampung, apalagi anak kurang mampunya, kesian deh mereka harus usaha beli seragam. Masih ingat dulu mama suka membelikan buku, dan seragam untuk anak² kurang mampu. Bayangin aja, untuk buku tulis aja, ada kakak adik yg cuma punya satu, yes you heard me... ONE book for both of them! Jadi salah satu sekolah siang, sehingga buku yg tadi pagi dipakai bisa dipakai lagi. Kesian ya. Nah, yg kayak gini banyak lho. Kalau bagi mereka tidak diwajibkan beli sendiri seragamnya, alangkah baiknya.

Katanya, pemerintah sekarang sedang mencermati untuk menghapuskan seragam. Menurut saya tergantung sih dimana berlakunya. Kalau dikalangan seperti yg saya barusan cerita sih menolong mereka. Kalau sekolah swasta biasanya pelajarnya tidak seberagam seperti di sekolah negeri. Tapi kalau di sekolah negeri kan dari yang paling miskin sampai yg kaya raya tumplek jadi satu, tanpa seragam nyata benar kesenjangan itu. Kalau di kalangan menengah ke atas, lain lagi ceritanya. Jangankan antara the have and the have not, jurang antara the have and the have more aja bisa makin dalam kalau tanpa seragam. Lagi pula mereka kan mampu untuk beli seragam. Dulu saya suka merhatiin anak sekolah lain, mereka bajunya seragam, tapi sepatunya ngga. Aduh, ngeri deh liat yang pada jor²-an beli sepatu. Untungnya di sekolah saya sepatupun baik yang hitam maupun sepatu olah raga seragam, merknya nama sekolah saya:) Harganya murah, paling ngga jaman saya masih sekolah disana, kalau sekarang sih ngga tau. Hasilnya baik kita² yang naik bis, maupun yg (nyolong²) bawa mobil lux sendiri ngga tampak bedanya.

Memang sih, adanya seragam bisa nambah KKN, soalnya pengadaan seragam di sekolah kan bisnis. Kali musti kayak urusan perumahan, yang menang tender musti ada porsi untuk pengadaan seragam gratis bagi yang ngga mampu ya. Tapi pasti deh mark-upnya makin gede aja. sigh.

Tapi kalau mau jujur, ada enaknya pakai seragam, kalau pagi mau pergi tuh ngga mikir lagi musti baju yang mana ya... :)
Jadi inget dulu, cerita abis foto² pulang kuliah, tepat seminggu kemudian fotonya jadi. Ternyata hari itu (kalo ngga salah Jumat) kita semua pakai "seragam" soalnya bajunya sama kayak waktu pas bikin foto! Hahahaha. Rupanya gang-ku pada males mikir, jadi baju pun udah kayak seragam, hari senin pasangannya ini, selasa itu, dst. Herannya kompak lagi kayak gitu semua, padahal ngga janjian. Ah, jadi kangen sama anak² yang lucu² itu.

1 comment:

Pojok Hablay said...

gue lebih suka make seragam, gak pusing mikir, tapi mungkin harusnya seragam itu murah meriah dan gak diwajibin beli di satu tempat kali yaa