Saturday, December 11, 2004

Kuburan Keluarga Oranje

Pintu masuk ke kuburan keluaraga Kerajaan

Tadi siang Pangeran Bernhard diletakkan di makam keluarga Oranje, di kolong gereja Nieuwe kerk Delft. Makam 'pribadi' ini hanya boleh dimasuki oleh anggota keluarga Kerajaan.

Berbeda dengan orang kebanyakan, keluarga inti kerajaan Belanda sampai saat ini selalu di'makam'kan di sini. Walau katanya tempatnya hanya sisa untuk 3 orang lagi yang berarti hanya untuk Beatrix, Willem Alexander dan Maxima. Biasanya tubuh mereka dibalsam, tapi pangeran Bernhard mewasiatkan untuk tidak dibalsam.

Kebetulan musim semi dua tahun lalu saya sempat ke gereja ini. Tentu saja pintu masuk ke makam ditutup seperti tampak dalam foto. Satu hal yang saya ingat, gereja itu mempunyai bau yang berbeda. Kata Oom saya, itu bau dari makam di kolong gereja. Yikes...

Anehnya ketika dulu saya ke Westminister Abbey, koq rasanya ngga ada bau ya? Apa ini cuma perasaan saya saja?

No comments: