Wednesday, December 15, 2004

Nan Madol

Nan Madol

Dari tadi aku lagi mikir nama tempat dimana scroll bible 'alternatif' yang ditemukan di Mesir. Tapi ngga tau kenapa yang ingat malah 'Nan Madol' yg lokasinya di Micronesia sana.. jauh banget ngga sih!

Biar takut air (laut) juga aku pengen banget kalau diijinkan ke Nan Madol, sama pengennya untuk ke Mesir untuk bercakap² dengan Sphinx.

Ceritanya, dua tempat itu sama² penuh misteri. Tergantung menurut sumber yang mana... ada yg bilang keduanya dibangun sekitar 4000 tahun yang lalu, tapi ada juga teori yg bilang dibangunnya 10500 tahun sebelum masehi!

Kalau Sphinx hampir semua orang di dunia tau itu apa. Tapi tidak demikian halnya dengan Nan Madol di Pasifik Barat. Di Kepulauan Micronesia sana, ada bagian yang bernama Pohnpei, bukan Pompeii lho, itu sih di Italia. Di Timurnya terletak Nan Madol yang merupakan kepulauan buatan lengkap dengan kanal² dangkal yang dihuni belut suci. Iya buatan, bukan pulau biasa yang timbul karena ada bagian kerak bumi yang mencuat dari dalam laut. Hebat ya?!

Kesembilan puluh dua bagian pulau buatan ini berada diatas laguna dan digunakan untuk upacara keagamaan jaman dulu dan juga untuk kuburan raja². Nan madol yang dibuat dari bongkahan batu berbentuk segi enam ini tidak dihuni manusia, hanya belut suci yang dapat ditemui. Bahkan penduduk sekitarnya masih tidak berani datang kesana setelah matahari terbenam karena tabu. Bahkan, kalau saya tidak salah ingat, kepercayaan mereka mengajarkan bahwa arwah orang meninggal tinggal di Nan Madol, dan belut² itu cikal bakal mereka.

Menurut Encyclopedia Britannica Nan Madol dibangun oleh dinasti Sau Deleur sekitar 2 milenium sebelum masehi. Tapi menurut ahli purbakala Bob Briar, (eh apa Graham Hancock ya?) diperkirakan Nan Madol dibangun tahun 10500 sebelum masehi. Hal ini berdasarkan letak rasi bintang yang diwakili oleh Nan Madol yang sayangnya sekarang aku lupa.

Menariknya, Piramid Giza di Mesir dikabarkan juga mewakili letak Orion pada kira² tahun yang sama. Begitu juga dengan Sphinx yang mewakili rasi Leo pada tahun 10500 tahun sebelum masehi.

Terlepas dari misteri ada apa pada tahun tersebut sampai manusia di belahan bumi yang berbeda punya niat membangun bangunan dan pulau untuk melukiskan rasi bintang, aku masih tidak habis pikir bagaimana mereka membangunnya.

Kalau Piramid kayaknya masih bisa dijelaskan, batu diambil di bagian tertentu mesir dan dibawa via sungai Nil, kemudian menggunakan kayu untuk mempermudah menaikkan dari kapal ke daratan dan ke posisi dalam bangunan. Walau aku masih ngga habis pikir berapa orang yang dibutuhkan dan berapa lama dilakukan untuk membangun ketiga Piramid.

Tapi Nan Madol lain, ia terletak di laguna, artinya di tengahnya air. Kemudian darimana mereka memperoleh sekian banyak bongkahan batu untuk menutup laguna menjadi 92 pulau? Terlebih, bagaimana caranya mereka membuat semua batu itu menjadi semacam balok persegi enam? Kebayang ngga sih repotnya dan beratnya menyusun 400000 (empat ratus ribu) bongkahan itu menjadi pulau dengan rapi ala log-cabin 10500 tahun sebelum masehi?

Dengan alasan itu semua, I'm willing to conquer my fear of sea. Soalnya ngga ada cara lain selain naik pesawat sampai Pohnpei, kemudian dilanjutkan dengan boat ke pulau terdekat dan dilanjutkan dengan sampan yang agak ceper. and oh, did I mention my fear of snake??? They are also crawling on Nan Madol!!!

ps: akhirnya ingat juga yg aku cari, bible dari Nag Hammadi. Nag, Nan... ngga jauh lah... :)

No comments: